Tambal ban tubeles berlaku untuk kendaraan mobil dan speda motor, smentara mobil truck masih menggunakan ban dalam, sepeda motor velg jari2 juga bisa memakai ban tubeles dengan menggunakan selendang karet yg berpentil khusus tubeles velg jari2,
keunggulan ban tubeles adalah jika terkena paku tak langsung habis anginnya dan bisa bertahan berminggu minggu sblum ditambal asal selalu diisi angin..
Penambalan ban tubeles yang bocor di tambal dengan dua macam cara yaitu :
1). TAMBAL TIP TOP
Tambal ban tubeles dari dalam atau menggunakan istilah tambal ban TIP TOP..
2). TAMBAL TUBELESS
Dan yang kedua adalah tambal ban tubeles dari luar atau secara manual menggunakan karet tambal yg sperti cacing menggunakan alat tubeles khusus dan tambal ban manual lebih cepat tanpa mebongkar ban dari velgnya.,,
Kedua macam tambal ban tubeles tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing2..
Tambal ban tubeles dari dalam atau tiptop tarifnya lebih mahal dan memakan waktu agak lama karena membongkar ban dari velg,,
dan tambal ban tubeles dari luar itu tarifnya lebih murah tapi kekurangannya ban kadang malah robek jika penanganannya kurang hati2 atau bocor lagi tambalanya,,
.
Dari hasil survey di beberapa bengkel ban dan pengalaman sendiri di Bengkel Ban KARYA LASTAMA MOTOR, tambal ban tubeless dari luar masih lebih diminati karena kualitas dan harga sangat terjangkau apalagi jika bocornya banyak, tambal ban tubeles dari luar adalah pilihannya..
Kerusakan akibat tambal ban tubeles dari luar sangat sedikit dan itupun tergantung dari kualitas ban luar itu sendiri..
Dari kualitasnya tambal ban dari luar sudah tebukti kuat jika pengerjaanya benar...
Bangaimana jika kasus bocornya yang tebilang rumit yaitu bocornya banyak dan kecil2 seperti jarum? Jangan kuatir ban masih bisa diakali menggunakan inovasi baru yaitu cairan tubeles khusus yg dimasukan ke dalam ban, cara kerjanya yaitu cairan tersebut mengandung serbuk karet kecil2 dia akan otomatis menutup lobang2 yg sangat kecil, kekurangan menggunakan cairan tubeles adalah jika bocornya terlalu besar sperti kena baut ukuran spuluh mm cairan tak mampu menutup lobang jadi ya hus ditambal tubels, kekurangan yg lain adalah velg bisa keropos karena proser kimia dari air dan oksigen yg menyebabkan velg terkikis dan jika sudah lama cairan tak berfungsi sama skali malah cairan berubah menjadi air biasa tak lengket lagi dan serbuk karet akan mengotori didalam ban menutup lobang pentil sehingga sulit dipompa bahkan tak jarang pentil jadi rusak,,
Untuk kasus ban dengan lobang robek kurang dari 5 cm itu masih bisa ditambal tapi menggunakan tambal ban dari dalam atau tiptop.. Tambal ban tubeles dari luar kurang efektif untuk kasus lobang yg robek..
Berikut gambar karet tambal tubeles dari luar dan tambal ban tubeles dari dalam/tiptop
karet tambal yg menjulur panjang2 digunakan untuk tambal ban tubeles dari luar..
* SERVICE BAN DALAM *
Tambal ban dalam lebih rumit dan lebih lama dari tambal tubeless karena harus mengeluarkan ban dalam dan proses menambal dipanaskan dan depress dengan menggunakan alat khusus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar